Desain kemasan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat penjualan produk. Oleh sebab itu, mendesain sebuah kemasan produk haruslah tepat dan sesuai. Dengan begitu, produk yang dipasarkan dapat terjual sesuai keinginan. Tujuan utama dari pengemasan adalah agar produk yang ditawarkan lebih praktis. Produk yang dikemas akan lebih aman dan tidak mudah rusak. Namun selain itu, tujuan pengemasan produk adalah untuk memasarkan produk tersebut. Dimana dengan desain yang bagus dan unik konsumen akan tertarik dan mulai membeli. Begitu juga seterusnya, Oleh sebab itu, kemasan sangat berpengaruh besar terhadap penjualan.

Desain kemasan produk harus didesain dan dirancang sebaik mungkin, dalam bentuk apapun. Tujuannya adalah agar produk yang dijual dapat bersaing dengan para kompetitor yang saat ini semakin ketat. Proses pengemasan produk bertujuan agar produk lebih mudah didistribusikan. Pengemasan produk ini memang harus dikemas secara menarik untuk menarik minat para konsumen. Namun, Anda juga tidak boleh asal mengemas produk begitu saja. Faktor keamanan dan keawetan produk juga sangat penting untuk diperhatikan. Pada dasarnya, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam merancang desain kemasan.

Tips Merancang Desain Kemasan Produk

Desain yang sangat menarik dapat meningkatkan penjualan produk. Begitu juga sebaliknya, desain yang buruk dapat membuat produk tenggelam dan kalah dengan kompetitor lainnya. Oleh sebab itu,, berikut ada beberapa tips yang dapat Anda simak dalam merancang desain kemasan:

  1. Unik dan kreatif

Agar produk kemasan banyak dilirik dan diminati oleh konsumen, pastikan mendesainnya dengan unik dan kreatif. Anda dapat memberikan kreatifitas Anda dalam bentuk kemasan, kata-kata ataupun gambar.

  1. Cerdas memilih warna dan font

Dalam merancang desain kemasan, Anda juga harus mempertimbangkan warna dan juga fontnya. Sebaiknya pilihlah warna font yang senada atau bahkan sama dengan warna produk yang Anda jual. Untuk jenis font, pilihlah yang sederhana tetapi tetap enak dibaca. Jangan terlalu rumit malah akan membuat orang sulit membacanya.

desain packing, desain kemasan

desain packing, desain kemasan

  1. Manfaatkan gambar

Gambar juga sangat berpengaruh terhadap keindahan dan kualitas kemasan. Biasanya konsumen lebih tertarik dengan kemasan yang gambarnya bagus dan menarik. Dimulai dari ketertarikan sebuah kemasan hingga akhirnya penjualan menjadi meningkat. Ini karena masyarakat lebih mudah terpengaruh dengan apa yang dilihat. Semakin bagus dan menarik desain kemasan unik maka konsumen akan segera membeli produk tersebut.

  1. Kokoh dan tangguh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan hanya mempertimbangkan kemasan yang menarik saja. Pastikan kemasan produk tersebut kokoh dan juga tangguh. Dengan begitu, kemasan tidak mudah rusak dan produknya juga aman dan terlindungi.

  1. Gunakan bahasa yang tepat

Selain memilih warna dan jenis font yang tepat, bahasa juga sangat berpengaruh untuk menarik minat konsumen. Anda sebaiknya lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih bahasa yang digunakan. Konsumen sering kali menilai produk dari penggunaan kata-kata yang tertera dalam kemasan produk. Oleh sebab itu,, pastikan Anda memilih bahasa yang mudah dimengerti dalam merancang desain kemasan.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan dalam merancang desain produk yang Anda kemas. Satu hal lagi yang mungkin mempengaruhi tingkat penjualan adalah membedakan warna untuk beberapa produk yang berbeda. Saat ini ada beberapa produk yang sama dengan fungsi yang berbeda. Contohnya saja produk krim kecantikan, yang satu sebagai alas bedak dan satu lagi sebagai pelembab saja. Dalam masalah ini, Anda harus memberikan perbedaan warna yang kontras. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah memilih dan mengenali produk yang akan dibeli. Demikian mengenai tips merancang desain kemasan.

 

Deskripsi: Desain kemasan harus dirancang dengan tepat agar dapat meningkatkan penjualan. Dalam mengemas produk tidak boleh sembarangan, harus mempertimbangkan banyak hal.

Silahkan baca artikel kami  lainnya tentang Percayakan Company Profile Anda Pada Jasa Pembuatan Company Profile Terbaik.

 

Terima Kasih

pixelbuck.com