Di dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dengan bersosialisasi dengan masyarakat, baik masyarakat di lingkungan rumah maupun tempat bekerja. Sebagai sifat alamiahnya bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh sebab itu, adanya kontak, komunikasi dan interaksi yang terjadi di dalam masyarakat selalu dibutuhkan guna membangun kebersamaan yang harmonis. Meskipun hidup di dalam suatu komunitas atau masyarakat yang sama, namun setiap individu adalah unik. Mereka mempunyai kepribadian masing-masing yang melekat di dalam tubuh dan jiwanya. Misalnya, kita semua mengetahui bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat membunuh secara perlahan, namun masih saja banyak orang yang tidak memperdulikan peringatan tersebut. Pembuatan video iklan layanan masyarakat diperlukan untuk menghimbau lebih dalam mengenai kepedulian masyarakat terhadap anggotanya.

Manfaat dan Tujuan Pembuatan Video Iklan Layanan Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat bahaya merokok dapat didistribusikan ke semua kepala keluarga, televisi, pertemuan rutin masyarakat, dan di layar pada alun-alun sebuah kota. Dalam hal ini, semua perangkat atau pengurus di dalam organisasi kemasyarakatan dibantu dengan seluruh anggotanya harus berpartisipasi untuk mendukung Pembuatan iklan video layanan masyarakat, baik dari sarana dan prasarana, ide, tenaga dan biaya. Ini agar seluruh anggota masyarakat mempunyai peran demi kebaikan bersama. Pengurus organisasi kemasyarakatan sebagai pengurus inti biasanya menjadi percontohan anggotanya, oleh sebab itu mereka juga harus konsekuen dalam menerapkan pesan moral yang ada pada video layanan masyarakat.

Tidak hanya video layanan masyarakat mengenai suatu “larangan” saja atau sesuatu yang “tidak boleh dilakukan”, namun sesuatu yang “harus dilakukan pun” perlu diberi sarana video.  Misalnya video layanan masyarakat pendidikan. Video ini khusus dibuat untuk para pelajar yang ada di masyarakat tersebut, agar mereka memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk belajar demi tercapainya masa depan yang cerah. Di dalam pesan moral tersebut, perlu juga menunjukkan betapa besarnya pengorbanan para pahlawan di zaman dahulu ketika Indonesia masih dalam masa penjajahan. Masyarakat pribumi tidak diperbolehkan untuk bersekolah yang tinggi. Di dalam masa yang serba canggih ini, waktu harus diisi dengan belajar dan terus belajar. Perlu juga adanya himbauan bahwa bagi siswa yang kurang mampu tetap dapat bersekolah dengan adanya program beasiswa. Beasiswa akan lebih mudah didapat apabila prestasi siswa baik, dan itu semua didapat dengan terus belajar. Pembuatan video layanan masyarakat dalam bidang pendidikan ini perlu melibatkan pelajar itu sendiri karena ini ditujukan untuk mereka, misalnya mereka menyumbangkan ide dan tenaga.

Layanan masyarakat kepolisian selalu dibuat oleh pihak kepolisian untuk memberikan sosialisasi bagi pemakai lalu lintas. Nah, untuk itu pembuatan video layanan masyarakat juga perlu melibatkan anak-anak sekolah karena banyak dari mereka yang melanggar tata tertib lalu lintas. Banyak sekali pelajar yang belum mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) namun sudah bepergian mengendarai sepeda motor atau mobil. Bahkan, banyak yang mengemudikan sepeda motor tanpa memakai helm. Ini sangat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Pembuatan video iklan layanan masyarakat mengenai peraturan lalu lintas perlu melibatkan para pelajar agar mereka merasa dihargai. Polisi bukanlah musuh pelajar, namun polisi adalah rekan para pelajar untuk menertibkan lalu lintas. Dengan adanya kerja sama yang baik, nantinya polisi dan pelajar akan saling membantu dalam ketertiban lalu lintas. Mereka akan saling percaya, bahu membahu untuk melancarkan lalu lintas. Ketika pelajar melihat ada suatu pelanggaran yang dilakukan oleh seseorang di jalan, maka pelajar dapat memberikan teguran kepada orang tersebut, sehingga secara tidak langsung tugas polisi akan terbantu oleh para pelajar.

Pembuatan video iklan layanan masyarakat

Pembuatan video iklan layanan masyarakat

Pembuatan video iklan layanan masyarakat yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai pencegahan berbagai penyakit. Ada banyak wabah penyakit yang timbul salah satunya dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai bagaimana penyakit tersebut bisa timbul. Video layanan masyarakat ini dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat baik di dalam perkumpulan desa, di Puskesmas, Posyandu, bahkan diedarkan ke seluruh kepala keluarga. Video layanan tersebut diantaranya seperti pengetahuan tentang penyakit TBC, HIV/AIDS, Diare, Disentri, Penyakit Kulit, dan lain sebagainya.

Deskripsi: Pembuatan video iklan layanan masyarakat dapat menjadi suatu media sosialisasi guna memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap berbagai hal yang penting.

 

Silahkan baca artikel kami  lainnya tentang Pemanfaatan Jasa Pembuatan TVC Untuk Bisnis Produk Anda.

 

Terima Kasih

pixelbuck.com