Pengertian Desain Grafis

Desain grafis, adalah dua kata yang seringkali kita dengar dalam kehidupan ini! Namun apabila Anda ditanya tentang definisinya, maka banyak orang yang hanya akan menggelengkan kepada dan tidak bisa menjawab sama sekali. Kalaupun ada yang berani memberikan argumen, pendapatnya pun tidak menjurus kepada pengertian desain grafis yang sebenarnya.

Agar Anda bisa lebih mengenal tentang desain grafis dan hal hal yang berhubungan dengannya, maka pemahaman dasar paling utama yang harus diketahui adalah pengertiannya. Setelah mengerti hal tersebut, maka kita bisa lebih jauh mendalaminya karena masa modern seperti sekarang ini menuntut kita untuk akrab dengan dunia desain grafis.

Untuk menambah wawasan para pembaca setia blog ini, artikel kali ini  akan membahas tentang pengertian desain grafis yang disertai dengan ulasan singkat tentang perkembangan sejarahnya.

  • Sejarah Desain Grafis

Kata Desain Grafis pertama kali digunakan di tahun 1922. Kata tersebut terdapat dalam sebuah essai hasil karya William Addison Dwiggins yang berjudul “New Kind of Printing Calls”. Penulis essai ini adalah seorang ahli desain buku terkenal di Amerika.

Sejak saat itu, kata desain grafis semakin mengalami perkembangan hingga seperti sekarang ini.

  • Pengertian Desain Grafis Berdasarkan Bahasa

Sub judul kedua ini akan membahas tentang pengertian dari desain grafis berdasarkan bahasa. Dimana istilah ini diambil dari 2 kata, yakni “desain” yang berarti sebuah proses perbuatan atau tindakan mengatur berbagai hal sebelum merancang atau menindaklanjuti sesuatu, dan “grafis”  yang berarti garis atau titik tertentu yang berkaitan dengan urusan pencetakan. Jadi pengertian desain grafis berdasarkan bahasa artinya sebuah perpaduan yang kompleks dari berbagai unsur grafis, angka, kata kata, gambar, ilustrasi, dan foto yang merupakan hasil pemikiran dari seseorang yang ahli dalam menggabungkan ke semua unsur tersebut.

  • Pengertian Desain Grafis Sesuai Pendapat Para Ahli

Ada banyak pendapat para ahli tentang pengertian desain grafis ini. Hal ini rasanya perlu dikemukakan juga, sebagai gambaran bagi kita untuk makin memahami tentang arti yang sebenarnya.

  1. Suyanto

Desain grafis adalah “sebuah aplikasi keterampilan komunikasi serta seni untuk kebutuhan industri dan bisnis”.

 

  1. Jessica Helfand

Desain grafis adalah “sebuah perpaduan kompleks yang tersusun dari rangkaian gambar, kata, grafik, kata kata, foto, serta ilustrasi yang dihasilkan oleh pemikiran khusus yang terampil dalam memadukan semua unsure tersebut.”

 

  1. Danton Sihombing

Desain grafis adalah “penempatan aneka unsur seperti simbol, marka, uraian verbal yang ditampilkan dalam sebuah gambar, tipografi dan ilustrasi menarik.”

Demikianlah penjelasan tentang pengertian desain grafis. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia desainer pasti sudah tidak asing lagi dengan prosedur dan teknis kerja desain grafis. Jadi, penjelasan pengertian ini hanyalah sebagai perumpamaan dan penambahan wawasan tentang pengetahuan yang sudah Anda miliki.

Dalam setiap elemen kehidupan ini, desain grafis banyak sekali digunakan, mulai dari bidang sosial, bidang ekonomi, bidang politik, bidang hokum, dan bidang lainnya. Dan yang paling banyak menggunakan ilmu desain grafis adalah jasa interior rumah, jasa eksterior bangunan, arsitek, pengusaha percetakan dan periklanan. Sedangkan di dunia maya, pengguna paling banyak dari ilmu terapan ini adalah web desainer atau pembuat website.

Semoga informasi tentang pengertian desain grafis ini bisa menambah wawasan kita tentang berbagai hal penting dalam hidup ini. Semoga bermanfaat dan selamat mengamalkan ilmu yang Anda dapatkan.

Silahkan baca artikel kami lainnya terkait Berapa Lamakah Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Pembuatan Website.

pengertian desain grafis

pengertian desain grafis

Thanks

www.Pixelbuck.com